Minggu, 24 November 2013

Rumah Bolon

Rumah bolon Pematang purba. 

Rumah bolon,pematang purba

Rumah tradisional batak simalungun ini adalah salah satu rumah yang tersisa peninggalan raja batak simalungun yang bermarga Purba.Rumah ini di bangun oleh Raja yang memerintah saat itu.menurut cerita masyarakat setempat rumah ini sudah berumur ratusan tahun dan di bangun tanpa paku hanya di ikat dan di kunci menggunakan kayu karena pada jaman dahulu masyarakat belum mengenal paku.lokasi rumah bolon ini terletak di desa pematang purba kab.simalungun sekitar 200 meter dari jalan umum.dan 1,30 menit dari berastagi.setiap tourist yang melihat rumah ini akan sangat kagum karena rumah ini terlihat sangat antik.rumah bolon artinya rumah besar.rumah ini adalah rumah raja yang hanya memiliki 1 kamar tapi di dalamnya banyak dapur untuk memasak.
Rumah Bolon Pematang Purba sesuai fungsinya, pada masa dahulu Rumah Bolon Pematang Purba ini adalah kediaman seorang raja yang pernah berkuasa di wilayah Simalungun.
Raja tersebut bernama Raja Purba XII Tuan Rahalim yang merupakan seorang raja yang pernah berjaya di Simalungun pada pertengahan abad ke-19 dan merupakan salah satu raja yang namanya tersohor di Nusantara.
Raja Purba dikenal oleh rakyat Simalungun sebagai raja yang sangat piawai dalam memimpin sehingga sosoknya pun sangat disegani oleh masyarakat. Raja yang mempunyai 24 orang istri tersebut, merupakan seorang raja yang jasa-jasanya dalam membangun kebudayaan Simalungun telah diakui karena kejayaan kebudayaan Simalungun sendiri berada pada masa kepemimpinannya.
Di dalam Rumah Bolon Pematang Purba ini terdapat beberapa buah tanduk kerbau, tanduk kerbau tersebut merupakan tanduk kerbau yang pernah digunakan pada upacara adat Simalungun yang dipimpin langsung oleh Raja Purba.
bahan-bahan kayu yang di pergunakan di sini adalah kayu pilihan dan di potong secara manual.pada jaman dahulu pembangunan rumah raja ini di bangun secara gotong royong oleh masyarkat.atap rumah bolon ini terbuat dari ijuk yang di kumpulkan kemudian di anyam dan di susun dan di ikat langsung.









Dipostkan oleh :
Lian saragih
(North SumatraTour guide)
Phone : +6281376600485
e-mail : lian_travel@yahoo.com
Medan-INDONESIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar